Rabu, 01 Februari 2023
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

HARI KESEHATAN NASIONAL KE 58 BANGKIT INDONESIAKU, SEHAT NEGERIKU

HKN 1

HARI KESEHATAN NASIONAL KE 58

BANGKIT INDONESIAKU, SEHAT NEGERIKU

By. Ani Budi Lestari, SKM

Hari Kesehatan Nasional diperingati pertama kali pada 12 November 1964 sebagai upaya untuk mengingat keberhasilan pemberantasan malaria. pencetusan Hari Kesehatan Nasional berawal pada tahun 1950-an, ketika penyakit malaria banyak diderita masyarakat Indonesia. Ratusan ribu jiwa terenggut akibat malaria. Karena itulah, pemerintah berupaya melakukan pemberantasan malaria atau malaria eradication di seluruh penjuru Tanah Air. Untuk mencapai hal tersebut, tahun 1959 dibentuklah Dinas Pembasmian Malaria yang pada bulan Januari 1963 berubah namanya menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM). Lima tahun kemudian, lebih kurang 63 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria. Karena itu, pada tanggal 12 November 1964, keberhasilan pemberantasan malaria tersebut diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) pertama. Hal inilah yang menjadi titik awal kebersamaan seluruh komponen bangsa dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.

Tema peringatan HKN ke-58 tahun 2022 adalah “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” yang menggambarkan semangat kuat ketika jatuh dalam kondisi terpuruk dari pandemi COVID-19 dengan berusaha untuk segera pulih dan bangkit dari pandemi COVID-19. Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 58 Tahun 2022 Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan serentetan kegiatan seperti Pertandingan olah raga ( Bulu Tangkis, Futsal dan basket ), Upacara Tabur Bunga, Upacara Peringatan HKN ke 58 dan tak kalah seru adalah pameran bertajuk Inovasi Teknologi Kesehatan.

Pameran Inovasi Teknologi Kesehatan diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang tanggal 03 s.d 05 November 2022. Pameran ini menampilkan 469 booth yang mencerminkan inovasi dan teknologi kesehatan karya anak bangsa. Diikuti oleh 118 industri alat kesehatan dan 24 industri perbekalan kesehatan rumah tangga, 34 industri farmasi dan bahan baku, 25 industri usaha pengobatan tradisional, 11 industri kosmetik dan 9 industri nakanan, 11 organisasi profesi, 13 rumah sakit vertikal. 5 penyelenggara sistem elektronik farmasi, poltekekes, BPOM, BUMN, dinas kesehatan, Kemenperin, Kominfo, serta program unggulan kesehatan.

Dalam pameran tersebut di gambarkan bahwa Kementerian Kesehatan RI memiliki 6 Pilar Transformasi bidang Kesehatan yaitu Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan dan Teknologi Kesehatan. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok tergabung dalam Pilar 3 yaitu Sistem Ketahanan Kesehatan.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok (KKP Kelas I Tanjung Priok) hadir dengan menampilkan transformasi pelayanan yang sedikit banyak telah merambah ke dunia digital seperti Pelayanan Vaksinasi yang dapat diakses melalui web KKP kelas I Tanjung Priok maupun Sinkarkes, Pembayaran PNBP melalui Simponi, Aplikasi Layanan perpanjangan sertifikat pelaksana Fumigasi, Layanan pegawai yang berbasis aplikasi, penyampaian informasi melalui media social ( web, Facebook, Instagram, Twitter, WA ), Youtube dan Buletin Kesehatan. Juga ditampilkan miniatur Ambulance laut .

Untuk melihat sejauh mana masyarakat umum mengenal Kantor Kesehatan Pelabuhan, juga diadakan kuis kahoot yang memuat soal-soal mengenai tugas pokok dan fungsi ( TUPOKSI ) Kantor Kesehatan Pelabuhan dengan aneka souvenir menarik.

HKN