Kamis, 11 Agustus 2022
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) DIPELABUHAN PENUMPANG KALI ADEM MUARA ANGKE TAHUN 2021

Oleh : Romanika, SKM, M.Kes

Sebagai tindak lanjut dari instruksi Menteri Dalam Negeri no.53 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3, level 2, dan level 1 covid-19 di Wilayah jawa dan bali. Pelabuhan muara angke menjadi gerbang masuk wisatawan ke pulau seribu maka perlu kerjasama dari pihak khususnya pihak-pihak memiliki wilayah kerja pulau seribu.

Untitled
Wisatawan yang mau berkunjung ke pulau seribu perlu dipastikan jumlah wisatawan kekepulauan seribu berdasarkan akumulasi dari 50% penduduk asli dan 25 % wisatawan, agar tidak terjadi kerumunan dan protokol kesehatan tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku.
Belum adanya kepastian jumlah angka terkait jumlah wisatawan 25% untuk sementara jumlah wisatawan 25% untuk sementara penentuan jumlah wisatawan sebanyak 25% bisa di akumulasi dari banyaknya kunjungan wisatawan setiap sabtu dan minggu (weekend), kapasitas tiap pulau, jumlah kapasitas penginapan tiap pulau. Sebelum pandemi jumlah kunjungan sebanyak 4000-5000 orang pengunjung. Maka maksimal sebanyak 1000 pengunjung yang dapat melakukan perjalanan ke pulau seribu. Jumlah tersebut juga sebagai penentuan kapasitas pengunjung di aplikasi peduli lindungi, serta di wajibkan setiap pengunjung untuk melakukan scan barcode di pelabuhan keberangkatan.
Apabila jumlah pengunjung melebihi kapasitas setiap pulau, maka pengunjung tersebut siap dipulangkan. Di perlukan peran aktif dari pihak travel, petugas disetiap pulau dan pihak transportasi untuk melancarkan perjalanan kekepulauan seribu agar sesuai SOP.
Untuk kelacaran bersama, KKP dengan steak holder harus bekerjasama yang baik, Syarat perjalanan wisatawan ke kepulauan seribu ;
1. Sudah Vaksin minimal vaksin pertama.
2. Surat keterangan PCR/Antigen
3. Donwload aplikasi peduli lindungi (Scan barcode)

2