Minggu, 21 Oktober 2018
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

SIMULASI PENANGANAN KEBAKARAN Featured

Simulasi Penanganan Kebakaran 06Simulasi penanganan kebakaran dilaksanakan di KKP Kelas I Tanjung Priok diikuti peserta sebanyak 30 orang dibuka oleh Kepala KKP Kelas I Tanjung Priok Bp. RBA Widjonarko, SKM, M.Kes.

 

“Di tengah-tengah waktu kesibukan kerja, tiba-tiba alarm kebakaran berbunyi. pegawai yang saat itu sedang bekerja di lantai 2,3, dan 4 pun sontak berlarian ke lantai dasar mencari lokasi yang aman sambil menelusuri jalur evakuasi. Satu orang pegawai mengalami patah tulang karena jatuh, satu lagi pingsan karena menghirup gas beracun. Beberapa pegawai yang pernah berlatih dengan segera melakukan tindakan cepat, menolong korban dan mencari alat-alat pemadam kebakaran (APAR dan karung goni).

 

Kebakaran akhirnya tidak sempat merambat ke mana-mana karena selain tindakan pegawai yang dengan sigap mematikan beberapa titik api yang belum sempat membesar, sebuah mobil pemadam kebakaran (milik PMK) juga sudah datang di lokasi kejadian. Korban yang patah tulang dan pingsan pun tertolong karena gerak cepat dan pengetahuan yang memadai dari petugas medis.” Kejadian di atas merupakan skenario yang diterapkan pada simulasi pemadaman kebakaran di KKP Kelas I Tanjung Priok .

 

Simulasi Penanganan Kebakaran 04 Peristiwa kebakaran adalah salah satu jenis bencana yang sering terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Kerugian finansial dan non-finansial yang dialami dapat dipastikan sangat besar. Sudah barang tentu upaya yang paling tepat untuk meminimumkan terjadinya kebakaran adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas tindakan-tindakan pencegahan kebakaran. Namun ketika kebakaran terjadi, maka upaya pemadaman kebakaran yang responsif, cepat, dan tepat, mau tidak mau menjadi tindakan pertama dan utama yang harus dilakukan oleh masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar kejadian.

 

Menggantungkan sepenuhnya proses penanganan/ pemadaman kebakaran pada Dinas PMK Jakarta Utara, jelas akan memperlambat proses pemadaman kebakaran. Berdasarkan pada kondisi inilah, KKP Kelas I Tanjung Priok melakukan latihan simulasi pemadaman kebakaran bagi sekitar 30 orang. Latihan simulasi pemadaman kebakaran yang dilakukan oleh Pegawai KKP Kelas I Tanjung Priok ini merupakan bagian dari pengayaan penanganan kebakaran secara cepat. Melalui acara simulasi yang melibatkan Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Jakarta Utara, KKP akan memperoleh pengetahuan praktis tentang tata cara pemadaman kebakaran.

                                                            

Simulasi Penanganan Kebakaran 05 Dalam simulasi ini, disusun serangkaian kegiatan yang semuanya dilakukan oleh Pegawai. Mulai dari simulasi training tentang segitiga api dan penanganannya, simulasi evakuasi dan pertolongan pertama pada korban kebakaran, termasuk mengangkut korban yang berpura-pura pingsan (menggunakan tandu dan membawanya ke ambulance yang sudah disiapkan), simulasi pemadaman dan pengamanan kebakaran.

 

Untuk proses pemadaman, selain mempraktekkan langsung penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) berbahan dry chemical dan CO2, serta menggunakan karung goni basah untuk memadamkan api, pegawai akan mengoperasikan fasilitas pemadaman pada mobil pemadam kebakaran (pemasangan selang, pengaturan pompa, nozzle, dan pemadaman api). Pengalaman saat mengevakuasi dengan fasilitas ambulance dan mengoperasikan alat-alat pemadaman yang ada (khususnya yang berhubungan dengan fasilitas dalam mobil pemadaman kebakaran) diharapkan akan meningkatkan kapabilitas Pegawai KKP Kelas I Tanjung Priok dalam menangani peristiwa-peristiwa kebakaran.

Oleh : Romanika, SKM, MKes