Jumat, 03 Desember 2021
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

PELAYANAN VCT (VOLUNTERY COUNSELING AND TESTING ) HIV/AIDS DI WILAYAH KERJA PELABUHAN LAUT KALI BARU

Oleh : M. Irfan Munthe,SKM,M.Kes

WhatsApp Image 2021 10 29 at 12.50.38 1

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah sejenis virus yang menginfeksi sel darah putih yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan infeksi oleh HIV. Meskipun cenderung fluktuatif, data kasus HIV AIDS di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. selama sebelas tahun terakhir jumlah kasus HIV di Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 2019, yaitu sebanyak 50.282 kasus. Berdasarkan data WHO tahun 2019, terdapat 78% infeksi HIV baru di regional Asia Pasifik. Untuk kasus AIDS tertinggi selama sebelas tahun terakhir pada tahun 2013, yaitu 12.214 kasus.
Pelabuhan dengan mobilitas yang tinggi seperti Pelabuhan Laut Kalibaru merupakan wilayah yang rentan terhadap penularan HIV, salah satu populasi beresiko yang ada di area pelabuhan adalah Tenaga Kerja Bongkat Muat (TKBM).
Salah satu strategi dari Kementrian Kesehatan dalam meningkatkan deteksi HIV pada populasi beresiko adalah dengan terbitnya Peraturan Menteri Kesehatan No 21 Tahun 2013 tentang pelayanan VCT (Voluntery Counseling And Testing ) atau Konseling Tes HIV sukarela (KTS) dan Provider Initiatif Counselling and Testing (PITC) atau konseling dan tes atas inisiasi petugas kesehatan. VCT merupakan komponen kunci dalam program HIV di negara maju maupun berkembang, termasuk Indonesia. Indonesia telah secara bertahap membangun pelayanan konseling dan tes HIV sebagai bagian dari pelayanan kesehatan dasar serta menjadi akses ke pelayanan lanjutan. VCT dijadikan sebuah intervensi yang memberi kesempatan seseorang untuk mengetahui status HIV mereka dan kemudian dirujuk kepada layanan perawatan, dukungan dan pengobatan (PDP).
Program tersebut dijalankan secara berkala oleh KKP Kelas I Tanjung Priok di Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Kalibaru, yang terbaru program tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2021 dengan total peserta 21 orang anggota Koperasi TKBM.
VCT merupakan pintu masuk untuk membantu setiap orang untuk mendapatkan akses semua pelayanan baik informasi, edukasi, terapi atau dukungan psikososial. VCT dikenal sebagai strategi yang efektif baik untuk pencegahan HIV/ AIDS dan juga perawatan dilingkup internasional.
Diharapkan pelaksanaan program ini dapat membantu bagi masyarakat Pelabuhan Laut Kalibaru yang membutuhkan agar dapat memperoleh dukungan psikologis, pemberian informasi dan pengetahuan HIV/ AIDS sehingga terjadi perubahan perilaku yang lebih sehat, aman dan bertanggung jawab
Sumber :
1. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-2020-HIV.pdf
2. Evicenna Naftuchah Riani, Zahroh Shaluhiyah, Laksmono Widagdo, Petugas Lapangan Sebagai Ujung Tombak Jumlah Pengunjung Klinik VCT, Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 9 / No. 2 / Agustus 2014. https://media.neliti.com/media/publications/126035-ID-petugas-lapangan-sebagai-ujung-tombak-ju.pdf