Minggu, 23 Januari 2022
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

SEMARAK HUT KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN KE 22 DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA NIZAM ZACHMAN JAKARTA

Oleh : drg. Evvi Rotua, MKM

Dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun (HUT) ke-22, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ) mengadakan serangkainan kegiatan yang dimulai sejak tanggal 25 – 27 Oktober 2021. Adapun kegiatan yang dilakukan mengikut sertakan seluruh instansi dan perusahaan yang berada dalam kawasan PPSNZJ, termasuk didalamnya Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok Wilayah Kerja Muara Baru, Kepolisian Sektor Muara Baru, Perusahaan Umu Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP). Tema yang diusung pada HUT ke-22 ini adalah ekonomi biru untuk Indonesia.
Hari pertama rangkaian HUT KKP ke-22 diawali dengan apel pagi dan dilanjutkan dengan penilaian Kantin Sehat , Perkantoran Sehat, lomba Tik tok, lomba sepeda serta lomba makan ikan. Untuk perlombaan Kantin Sehat dan Perusahaan Sehat, KKP menggandeng PSDKP dan KKP Kls I Tanjung Priok sebagai tim juri. Ada sebanyak 108 kantin dan 43 perusahaan yang diikut sertakan dalam penilaian tersebut. Kriteria untuk penilaian Kantin Sehat merujuk kepada kebersihan kantin, kebersihan dapur, lokasi kantin, cara penyajian dan pengolahan makanan. Sedangkan untuk perkantoran sehat kriteria yang digunakan adalah kebersihan kantor, taman, tempat sampah dan ketersediaan tempat cuci tangan.
Pada hari kedua, dilakukan kegiatan penanaman pohon dan mangrove dibagian timur dermaga. Penanaman mangrove sebanyak 2200 pohon dilakukan secara simbolik oleh Bapak Bagus selaku Kepala PPSNZJ, Kapolsek Muara Baru, KKP Kls I Tg Priok Wilker Muara Baru, perwakilan Perum Perindo dan perwakilan PSDKP. Kemudian acara dilanjutkan dengan acara Selasa Sehat dilingkungan PPSNZJ, pemberian sembako bagi petugas kebersihan dan cleaning service, pembagian hadiah bagi pemenang lomba dan door prize.
Rangkaian HUT KKP ke-22 ditutup pada hari ketiga dengan kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan oleh tim vaksinator dari KKP Kls I Tanjung Priok dengan sasaran para Anak Buah Kapal (ABK) dan masyarakat sekitar yang berada dalam kawasan PPSNZJ. Peserta yang mengikuti kegiatan vaksinasi sebanyak 83 orang. Pelaksanaan vaksinasi menggunakan vaksin merek Pfizer dan Astra Zeneca untuk vaksinasi pertama dan kedua. Khusus vaksin Astra Zeneca dikhususkan hanya untuk pelaksanaan vaksinasi pertama, sedangkan untuk vaksin Pfizer digunakan untuk vaksinasi pertama dan kedua.
Rangkaian pelaksanaan HUT KKP ke-22 berjalan dengan baik dan lancar berkat dukungan dan kerjasama yang baik antara seluruh intansi, perusahaan dan seluruh masyarakat yang berada didalam PPSNZJ. Diharapkan tetap terjaga kerjasama yang baik diantara semua pihak sehingga semua program untuk mewujudkan ekonomi biru untuk Indonesia boleh terlaksana.

WhatsApp Image 2021 10 27 at 11.08.25