Jumat, 27 November 2020
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

SERVICE EXCELLENT IN NEW NORMAL ERA

SERVICE EXCELLENT IN NEW NORMAL ERA
Oleh : Muhammad Fardhy Nur Wahid (Wilayah Kerja Pelabuhan Marunda)
Pandemi Covid-19 merupakan Headline sampai hari ini dan sangat besar pengaruhnya pada tatanan kehidupan manusia di seluruh dunia. Untuk mencegah penularan wabah virus corona yang makin meluas, masyarakat dihimbau bahkan dipaksa untuk tetap tinggal di rumah. sekolah, bekerja bahkan beribadah pun dianjurkan untuk dilakukan di rumah saja. Semua negara menghimbau warganya untuk tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Terkecuali, memang bagi mereka yang harus keluar dan kegiatannya tidak bisa dilakukan dari rumah. Di Indonesia kita mengalami yang namanya PSBB (pembatasan sosial berskala besar), ini sudah berjalan hampir 3 bulan lamanya. PSBB juga berdampak luas di banyak sektor dan cakupan. Dengan berubahnya aktivitas masyarakat tersebut, membuat kegiatan ekonomi lesu dan sepi. Seiring berjalannya waktu, tinggal di rumah tidak akan bisa selamanya diterapkan untuk menjaga stabilitas perekonomian. Sejumlah negara pun mulai melonggarakan kebijakan terkait mobilitas warganya. Bagaikan simalakama, ancaman korban jiwa dari Covid – 19 ini masih terus bertambah, disinilah pola hidup baru atau new normal era bisa diterapkan sebagai solusi yang masih dianggap terbaik untuk tetap menggerakan roda perekonomian masyarakat dengan tetap menerapkan prinsip dan protokol kesehatan pencegahan Covid – 19.
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok merupakan salah satu Instansi Pemerintahan di bawah Direktorat jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dimana dalam tugas dan fungsinya sebagai pemberi pelayanan yang prima untuk masyarakat di Pelabuhan Tanjung Priok, sebagai Otoritas utama bidang kesehatan, yang diberikan mandat dan amanah sebagai garda terdepan dalam mencegah dan menangkal penyakit yang masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Wilayah Kerja Pelabuhan Marunda, merupakan salah satu cakupan wilayah kerja KKP Kelas I Tanjung Priok, dimana merupakan miniatur dari Pelabuhan Tanjung Priok dilihat dari arus barang dan jumlah kapal yang masuk dan keluar setiap harinya. Kecakapan Petugas dalam memberikan pelayanan yang prima bagi pengguna jasa dituntut secara maksimal dan optimal.
Oleh karena itu, Kebijakan New Normal diterapkan di Wilayah Kerja Pelabuhan Marunda dengan selalu mengedepankan prinsip prinsip kesehatan, dengan menerapkan kebijakan semua staff selalu memakai masker dalam setiap kesempatan, kemudian pengguna jasa jika akan masuk kedalam gedung wilayah kerja pelabuhan Marunda wajib menggunakan masker, jika tidak menggunakan masker, staff security berhak memberikan teguran dan meminta pengguna jasa untuk memakai masker, setelah itu dilakukan pengecekan suhu bagi pengguna jasa, jika suhu diatas 37,4 °C, tidak diperbolehkan masuk kedalam gedung, jika suhu normal maka pengguna jasa wajib cuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer.
Petugas dalam melakukan pemberian pelayanan juga memakai masker dan tetap menjaga jarak dengan pengguna jasa, pemberian layanan dengan cepat dan optimal selalu diberikan dengan sepenuh hati, dengan memegang prinsip memberikan pelayanan prima yang melebihi harapan pengguna jasa, tegur sapa serta sopan terus tetap diterapkan. Setelah pengguna jasa selesai, sebelum keluar gedung diwajibkan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, prinsip hidup bersih dan sehat terus diterapkan sebagai ruh dari pencegahan penyebaran Covid – 19, petugas sehat, pengguna jasa sehat, layanan pun diberikan dengan maksimal. Kepuasan pengguna jasa merupakan kebahagiaan bagi petugas, dimana wilayah kerja pelabuhan marunda sebagai ujung tombak dalam pemberian pelayanan kesehatan serta garda terdepan KKP Kelas I Tanjung Priok di Pelabuhan Marunda. Semoga badai Covid – 19 segera berlalu, cepat pulih Indonesiaku.

WhatsApp Image 2020 08 07 at 08.19.25 1

WhatsApp Image 2020 08 07 at 08.19.26