Senin, 09 Desember 2019
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!
Foto bersama tim penilai Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) Sehat Pelabuhan Tanjung Priok Foto bersama tim penilai Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) Sehat Pelabuhan Tanjung Priok center

Penilaian Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) Sehat di Pelabuhan Tanjung Priok Tahun 2019

fotobersamapemangtppKegiatan Penilaian Tempat Pengelolaan Pangan Sehat (TPP) terdiri dari beberapa tahap, yang pertama adalah kegiatan persiapan penilaian tempat pengelolaan pangan sehat yang dilaksanakan di Innovation Room Indonesia Kendaraan Terminal pada tanggal 18 Juli 2019. Peserta kegiatan persiapan sebanyak 55 orang yang merupakan lintas sektor dan lintas program yang ada di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok. Pada kegiatan persiapan penilaian tempat pengelolaan pangan sehat di sosialisasikan mengenai teknis penilaian dan instrument penilaian yang digunakan. Instrument yang digunakan mengacu pada Rapor Penilaian Mandiri Kesehatan Lingkungan Tempat Pengelolaan Pangan Makanan Jajanan (lihat/unduh) akan tetapi ada beberapa point yang tidak dimasukan hal ini disesuaikan dengan teknis penilaian Tempat Pengelolaan Pangan Sehat yang akan dilakukan. Pada saat persiapan penilaian tempat pengelolaan pangan sehat dibentuk tim penilai yang berjumlah 5 tim, dan setiap tim terdiri dari 5 orang anggota yang berasal dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, Lintas Sektor dan Lintas Program yang ada di Wilayah Pelabuhan Tanjung Priok.

Sebelum dilakukan penilaian tim penilai juga mendapatkan pengarahan terlebih dahulu mengenai teknis penilaian dan lokasi tempat pengelolaan pangan yang akan dinilai, hal ini dilakukan agar setiap anggota tim memiliki persepsi yang sama terhadap item penilaian, sehingga dihasilkan penilaian yang objektif. Penilaian Tempat pengelolaan pangan (TPP) sehat dilaksanakan mulai tanggal 11 September 2019 hingga tanggal 23 september 2019. Dari 71 Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) yang direncanakan dilakukan penilaian, diperoleh 66 Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) yang dilakukan penilaiannya. Setelah dilakukan penilaian, Tim penilai juga memberikan rekomendasi kepada pengelola Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) terkait kekurangan dari hasil penilaian. Beberapa hasil penilaian yang diberikan rekomendasi yaitu:

  1. Agar menyediakan tempat sampah yang kedap air dan memiliki tutup
  2.  Agar menyimpan makanan di etalase yang memiliki tutup
  3.  Melakukan general cleaning secara rutin agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan vektor dan binatang pembawa penyakit
  4.  Agar memperhatikan personal hygiene penjamah makanan seperti kuku yang pendek dan bersih, tidak memakai kutek, tidak
    memakai cincin yang bermata dan tidak memakai gelang yang berukir
  5.  Agar tidak lagi menggunakan talenan yang berbahan kayu
  6.  Menyediakan wastafel atau tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun dan air yang mengalir
  7.  Agar menggunakan pakaian kerja seperti celemek dan tutup kelapa saat melakukan pengolahan makanan

Dari hasil penilaian diperoleh Tempat Pengelolaan Pangan dengan point penilaian = 30 sebanyak 22 Tempat Pengelolaan Pangan. Setelah dilakukan rekapitulasi diperoleh 6 Tempat Pengelolaan Pangan yang menjadi nominasi terbaik, kemudian ditentukan Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) Sehat terbaik 1, 2 dan 3 berdasarkan total point yang diperoleh. Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) sehat terbaik diumumkan pada saat Rapat Koordinasi Lintas Sektor dan Lintas Program Bidang Pengendalian Risiko Lingkungan yang dilaksanakan di Hotel Harris Kelapa Gading pada tanggal 9 Oktober 2019.

Nominasi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) Sehat di Pelabuhan Tanjung Priok yaitu:

  1.  Dapoer PELNI , PT. PELNI (Persero) Kantor Cabang Tanjung Priok
  2.  Kantin Tombo Luwe, Polres Pelabuhan Tanjung Priok
  3.  Kantin PT. Adipurusa
  4.  Kantin Koperasi Prima Usaha, KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok
  5.  Kantin PT. Mustika Alam Lestari
  6.  Kantin Pit Stop, PT. Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk

Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) sehat terbaik :

  1.  pertama diberikan kepada Kantin pit Stop PT. Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk
  2.  kedua diberikan kepada Kantin Koperasi Prima Usaha, KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok
  3.  ketiga diberikan kepada Kantin Tombo Luwe, Polres Pelabuhan Tanjung Priok

pemenang tpp sehat plus piagam 600x400 pxTempat Pengelolaan Pangan (TPP) sehat terbaik diberikan piagam dan plakat sebagai penghargaan karena telah turut serta agar menjaga kualitas pangan dan Tempat Pengelolaan Pangan (TPP), sehingga diharapkan menjadi contoh bagi tempat pengelolaan pangan (TPP) yang ada di wilayah Pelabuhan TanjungPriok.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok juga memberikan piagam penghargaan bagi tim penilai yang berasal dari lintas sektor yang ada di Wilayah Pelabuhan Tanjung Priok. Berikut nama – nama yang diberikan penghargaan, yaitu :

  1.  Bazzar Y dari PT. Adipurusa
  2.  Riahta Benelista Br. Jabat dari Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok
  3.  Ucok Suharyadi dari Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok
  4.  Chaeroni dari dari Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok
  5.  Alimanjoyo dari PT. Dok dan Perkapalan Koja Bahari
  6.  Arifudin dari PT. Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk
  7.  Nuramin dari PT. Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk
  8.  Joko Laras dari PT. Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk
  9.  Irfan Rosadi dari PT. Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk

Piagam penghargaan tim penilai tpp 2019 600x400pxPemberian piagam dan plakat untuk TPP Sehat dan piagam tim penilai TTP Sehat dilakukan pada acara Koordinasi Lintas Sektor dan Program Bidang Pengendalian Risiko Lingkungan pada tanggal 09 Oktober 2019 di Hotel Haris Kelapa Gading dengan jumlah undangan yang hadir 55 orang. Semoga tujuan dari pelaksanaan Penilaian Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) Sehat di Pelabuhan Tanjung Priok dapat tercapai, sehingga masyarakat pelabuhan bisa mendapatkan pangan yang aman dan sehat.