Minggu, 21 Oktober 2018
Informasi KKP
: KKP Kelas I Tanjung Priok...Berkomitment sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WB) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)....mariii kita dukung..!!

MENGENAL TANAMAN PENANGKAL DAN PENGUSIR NYAMUK Featured

Nyamuk atau dalam bahasa Inggris disebut mosquito adalah serangga yang kelakuannya memang menyebalkan. Pada saat kita bersantai atau sedang tertidur lelap sekalipun, nyamuk juga sering mengusik kepulasan tidur kita dengan suaranya yang mendengung terdengar di rongga telinga kita.

nyamuk1

 Selain sebagai binatang yang menyebalkan, nyamuk juga menimbulkan masalah. Akibat gigitan nyamuk, kulit kita akan menjadi bentol dan gatal. Yang lebih mengerikan lagi bangsa nyamuk juga merupakan medium penyebaran penyakit seperti malaria, penyakit kaki gajah, penyakit demam kuning, demam berdarah dengue, dan encephalitis.

Di musim kemarau yang berkepanjangan seperti saat ini, rumah makin rentan serbuan nyamuk. Untuk mengusir dan menangkal nyamuk, cara yang dapat biasa masyarakat lakukan adalah dengan menyemprotkan obat nyamuk atau dengan menggunakan obat nyamuk bakar dan elektrik. Tidak ketinggalan pula penggunaan repellent seperti beredarnya merk dagang yang sekarang banyak ditemukan di pasaran. Tetapi, cara ini cenderung tidak aman karena kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya.

Mengusir nyamuk dengan obat anti-nyamuk berbahan kimia akan sangat riskan, terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil di rumah. Namun sebenarnya tak perlu resah dan gelisah, karena ternyata negeri kita tercinta Indonesia, bahkan seluruh dunia ini sangat kaya akan flora yang bisa digunakan sebagai anti nyamuk. Yang penting adanya kemauan dan upaya untuk memelihara tanaman pengusir nyamuk ini agar tumbuh kembang dengan baik, maka dijamin akan terlindungi dari serangan pasukan nyamuk. Sebagai cara yang alami, kita dapat menggunakan tanaman-tanaman berikut agar nyamuk tidak lagi singgah ke rumah kita.. Tanaman dapat ditanam di pot-pot di dalam rumah. Tanaman ini juga cocok ditanam di gedung – gedung, sekolah, kampus, halaman rumah ibadah, terminal ataupun perkantoran, baik di dalam maupun di luar gedung Selain aman bagi kesehatan dan lingkungan, ternyata tumbuhan ini juga indah dijadikan penghias ruangan.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan beberapa tanaman yang memiliki kemampuan mengusir dan menangkal nyamuk.

Tanaman apakah itu?

Berikut tanaman yang bisa menangkal dan mengusir nyamuk :

  1. Lavender


Tanaman asal
nyamuk2pegunungan Alpen, Swiss, ini benar-benar telah dikenal yang merupakan bahan baku lotion anti-nyamuk. Tanaman berbunga ungu ini tak disukai nyamuk sebab mengandung zat linalool & lynalyl acetate. Utk menghindari gigitan nyamuk, lumayan gosokkan bunga lavender ke badan


Tidak cuma yang merupakan pengusir nyamuk, kandungan minyak atsiri dalam lavender pula tidak jarang difungsikan buat terapi aroma. Lavender sanggup ditanam di dalam pot. Bila butuh, masukkan pot berisi lavender ke dalam kamar biar nyamuk malas datang.

 

2. Zodia

               Tanaman asal Papua ini termasuk juga famili Rutaceae, yg mengandung zat evodiamine & rutaecarpine yg berfungsi juga sebagai penghalau nyamuk yg bisa bersi kukuh sewaktu 6 jam. Penduduk Papua biasa menggosokkan daun ini terhadap badan sebelum masuk hutan utk menghindari serangga.nyamuk3

Utk menghindari serbuan nyamuk ke dalam rumah, letakkan zodia di titik akses masuknya angin ke dalam ruangan. Atau dapat juga diletakkan dekat kipas angin. Embusan angin bakal menciptakan aroma zodia menyebar ke seluruh ruangan dan otomatis mengusir nyamuk. Tapi hindari meletakkan zodia di tempat sempit dengan sirkulasi udara terbatas, lantaran aroma zodia sanggup menciptakan kepala menjadi terasa pening.

Tanaman zodia bisa diperbanyak melalui stek ranting maupun bijinya. Ketika sudah berbunga dan berbiji, biji zodia akan jatuh dan tumbuh di sekitarnya. Tapi zodia membutuhkan sedikit perhatian, saat fase pertumbuhan, bila langsung kena sinar matahari, bisa-bisa malah mati. Dan sebaliknya, bila kurang sinar matahari justru pertumbuhannya tidak sehat. Tanaman ini akan tumbuh subur bila dikembangkan di daerah yang cukup dingin.

Tapi, Zodia tetap bisa kok tumbuh di kota-kota yang panas, diletakkan aja di tempat yang sedikit sejuk. Bunganya, (lagi-lagi) kecil-kecil bergerombol, warnanya putih tulang agak kekuningan, sangat indah dipandang.

3. Geranium (bunga Tapak dara)

nyamuk4Geranium alias Tapak Dara atau Pelargonium Hortorum, adalah tanaman berbunga yang mengandung geraniol dan sitronelol yg mampu mengusir nyamuk. Tanam geranium dapat ditanam di dalam pot dan letakkan di ruangan yg terkena embusan angin. Disaat daun-daun Geranium bergesekan, aromanya dapat tercium menciptakan nyamuk bertolak pergi dan meninggalkan ruangan.

Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak geranium radula sanggup menolak nyamuk aedes aegypti. Hanya dengan mengoleskan ekstrak tumbuhan ini terhadap sektor badan, nyamuk penyebab demam berdarah tersebut kabur. Hebatnya, ekstrak geranium serta tak menimbulkan iritasi pada kulit.

Tanamlah geranium di dalam pot sehingga bisa diangkat untuk ditaruh di dalam ruangan rumah. Jika memungkinkan, letakkan di depan kipas angin atau tempat yang berangin. Bisa juga di depan kipas motor AC (biasanya AC selain yang nempel di tembok kamar, juga ada kan yang berada di luar tembok, yg di dalamnya ada kipasnya. Nah kalau ini letaknya dekat teras, dan di depannya diletakkan bunga geranium, waaah saat AC menyala, terasnya bisa haruum…).

Kok bisa?

Karena ternyata jenis tanaman ini mengandung aroma zat citronella yang mudah merebak memenuhi udara sekitarnya bila tertiup angin, atau daunnya digoyang pakai tangan. Termasuk jenis tanaman perdu, berdaun hijau yang bentuknya menjangkar (menyerupai jangkar), tepi daun bergerigi. Tapak Dara tumbuh merumpun dan banyak anakan. Biasanya diperbanyak dengan stek anakan. Batangnya banyak mengandung air.

4. Rosemary

nyamuk5

Rosemary membuahkan bau seperti aroma minyak telon yang tak disukai nyamuk. Tamanan ini tumbuh baik di bawah sinar matahari, tapi kala digunakan Rosemary sanggup letakkan di dekat jendela. Untuk pemanfaatannya, gosokkan daunnya yg berbentuk jarum kepada kulit.

 

5. Serai

nyamuk6



Tanaman serai adalah tanaman yang akrab dengan ibu-ibu yang biasa berkutat di dapur. Siapa sangka tanaman yang biasanya digunakan sebagai bumbu masak ini bisa membunuh nyamuk. Karena pada tanaman serai ternyata juga mengandung zat geraniol & sitronelal, zat yang tidak disukai nyamuk Karena kandungan zat tersebut pada tanaman tersebut, tumbuhan yang masuk tipe rumput-rumputan ini akhirnya mulai difungsikan juga sebagai bahan lotion anti-nyamuk.

 

Oleh : Uli Rohati Siregar (Disadur dari : http://caraberkebun.blogspot.com/2015/03/tanaman-hias-pengusir-nyamuk-tanaman.html, http://hariyantowijoyo.blogspot.com/2011/06/tanaman-anti-nyamuk.html#ixzz3bJP9NW70, Bahan diklat entomologi kesehatan ahli 2015)